Pelatihan Ela2ng 2013

Dengan peserta kurang lebih 15 orang sebagai anak baru di KBQT, terlaksanakanlah sebuah pelatihan menulis yang berlangsung dari tanggal 23 September 2013 hingga 28 September 2013.

Pelatihan yang bertempat di Resourch Center lantai satu ini, tak hanya mendaratkan anak-anak yang belum pernah mengikuti pelatihan menulis, namun juga menghadirkan redakur dari Ela2ng sendiri atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ela2ng Tua, dan tidak lupa beberapa pemateri yang memang sudah paham dengan rubrik-rubrik yang tersedia di dalam Ela2ng.

Hari pertama latihan dimulai selepas kegiatan tawasyi QT sekitar pukul 14.00 dengan pembahasan seputar keredaksian dalam Ela2ng serta penyebutan apa saja rubrik yang terdapat pada Ela2ng. Pembahasan kali ini dipimpin oleh Muhammad Sofyan Baehaqi selaku Pimpinan Management dalam Ela2ng dan juga sebagai ketua panitia.

Banyaknya peserta yang bias dibilang masih anak-anak, membuat keadaan RC menjadi ramai tak terkendali sebelum dibuat yang namanya kesepakatan bersama. HP dibawa panitia, bicara seadanya, jika bertanya harus mengangkat tangan terlebih dulu, merupakan beberapa peraturan atau kesepakatan bersama yang akan berlangsung selama masa pelatihan. Dari banyaknya kesepakatan tersebut, ada satu kesepakatan yang susah untuk dilakukan. Dilarang mengeluh.

Mengingat ini adalah pelatihan pertama bagi para peserta pelatihan, maka siapapun yang mendengar sebuah keluhan, dialah yang akan berkata “dilarang mengeluh”, yang mendapat beberapa tawa dari peserta yang lain. Hingga akhirnya ada wacana tentang keluhan tersebut pada hari berikutnya (next page).

Selain mengenai kesepakatan tersebut, ada tugas yang diberikan oleh panitia kepada para peserta. Tugasnya adalah menulis opini dan artikel tentang apapun, menulis profil tentang siapapun. Dan bagi yang belum paham tentang apa itu opini, artikel, dan profil, bisa bertanya pada tim panitia yang juga masih berjaga di sekitar KBQT. Dengan tujuan agar para peserta tidak menganggur saat malam, juga agar esoknya tim pemateri tinggal mengoreksi dan menjelaskan apa itu artikel, opini, dan profil dengan jelas tanpa harus menyuruh anak-anak menulis selepas materi diberikan….

Mau lanjut?

23 September 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami

Majalah Elalang adalah media dokumentasi kegiatan dan publikasi kreasi warga belajar di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Salatiga. Blog ini berisi dokumentasi ide mingguan, artikel karya bulanan, serta majalah digital dwibulan KBQT.

Rubrik

Artikel (5) Berita (1) IDE (3) Majalah (12) Opini (3) Sastra (1)

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *